Pages

Perbedaan antara Sub Domain, Parked Domain, dan Add-on Domain


Jasa Desain Website Makassar - Agar supaya kita bisa memahami (dan membedakan) antara 3 buah istilah perbedaan antara Sub Domain, Parked Domain dan Add On Domain, pertama sekali kita harus terlebih dahulu memahami istilah/konsep mengenai Main Domain (Domain Utama).

MAIN DOMAIN


Setiap paket hosting yang Anda order bersama Makassar Hosting, akan selalu berpasangan dengan 1 buah Main Domain (Domain Utama).


Paket hosting tidak akan berfungsi jika tidak memiliki domain.


Jadi minimal sebuah paket hosting akan selalu memiliki 1 buah domain yang dipasangkan kepadanya, yakni Main Domain (Domain Utama) ini.


DOMAIN TAMBAHAN Sebuah paket hosting, akan memiliki sejumlah sumberdaya yang dialokasikan untuknya.  Sumberdaya yang dimaksudkan adalah CPU (prosesor), RAM (memory) dan Disk Space (kapasitas disk).


Tergantung dari besarnya masing-masing paket hosting, kadangkala 1 buah paket hosting hanya digunakan untuk kepentingan 1 buah website saja (dan oleh karena itu hanya dipasangkan dengan 1 buah domain, yakni Main Domain tadi).  Namun ada kalanya juga, 1 buah paket hosting digunakan untuk lebih dari 1 buah website (meng-"host" lebih dari 1 buah website/domain).  Nah, domain-domain tambahan lain selain dari Main Domain tersebut, kita namakan atau kita sebut sebagai Domain Tambahan.


Di cPanel, domain tambahan ini ada 2 jenis, yakni Park Domain (atau Parked Domain, atau juga Domain yang di-parkir-kan) dan Add On Domain.  Harap dicatat bahwa istilah Add On Domain disini berbeda dengan yang kita maksudkan dengan domain tambahan tadi (walau hasil terjemahan harafiah dari Add On Domain adalah Domain Tambahan).  Tiap-tiap paket hosting di Makassar Hosting memiliki batasan berapa jumlah domain tambahan yang bisa ditambahkan padanya.  Sebagai contoh, untuk paket hosting Guardian kita hanya bisa menambahkan sejumlah 10 buah domain tambahan (selain dari Main Domain nya).  


10 buah domain tambahan tersebut, bisa kita tambahkan dengan berbagai variasi/skenario berikut:


5 buah Park Domain + 5 buah Add On Domain

3 buah Park Domain + 7 buah Add On Domain
2 buah Park Domain + 8 buah Add On Domain
dst dst

Tentu saja, Anda boleh saja tidak menambahkan sama sekali domain-domain tambahan ini atau hanya menambahkan 1 atau 2 buah domain tambahan saja, sesuai dengan keperluan Anda.
PARK DOMAIN Park Domain (atau domain yang di-parkir-kan) adalah domain tambahan yang kita tambahkan ke Main Domain dari suatu paket hosting tertentu.  Domain jenis ini hanya digunakan sebagai alias (nama lain, atau redirect) dari Main Domain yang bersangkutan.


Sebagai contoh, Main Domain paket hosting Anda adalah www.superman.com


Lalu Anda tambahkan sebuah Park Domain di cPanel paket hosting Anda sebuah domain www.superhero.com


Yang akan terjadi adalah ketika para pengguna membuka www.superhero.com pada browser mereka, yang akan ditampilkan adalah website www.superman.com


Dengan kata lain, www.superhero.com = www.superman.com


Harap diingat dan dicatat bahwa Park Domain tidak bisa dikembangkan menjadi sebuah website independen (website tersendiri).  Hal ini akan menjadi lebih jelas setelah kita membaca penjelasan mengenai Add On Domain dibawah ini.


ADD ON DOMAIN Add On Domain adalah domain tambahan yang kita tambahkan ke Main Domain dari suatu paket hosting tertentu.  Berbeda dengan Park Domain, domain jenis ini bukan diperuntukkan untuk kepentingan redirect.  Domain jenis ini bisa kita kembangkan menjadi sebuah website independen - dengan menggunakan sumberdaya paket hosting yang sama (dengan kata lain, CPU - RAM - Disk Space paket hosting bersangkutan berbagi pakai dengan website/domain yang di-"host"-kan pada paket hosting yang sama).


Sebagai contoh, Main Domain paket hosting Anda adalah www.superman.com


Lalu Anda tambahkan sebuah Park Domain di cPanel paket hosting Anda sebuah domain www.justiceleague.com


Domain www.superman.com adalah sebuah website tersendiri, katakanlah Anda develop menggunakan Wordpress.


Domain www.justiceleague.com adalah sebuah website tersendiri, katakanlah Anda develop menggunakan Joomla.


Kedua website tersebut di-"host"-kan pada paket hosting yang sama, katakanlah menggunakan paket hosting  di Makassar Hosting.  Jadi kedua website tersebut - walau saling berdiri secara independen antara satu sama lain - menggunakan kekuatan CPU, RAM dan Disk Space dari paket hosting Guardian yang sama.


Catatan:  


Kami di Makassar Hosting tidak merekomendasikan penggunaan Add On Domain seperti ini (walau sah-sah saja apabila Anda memilih untuk tetap menggunakan Add On Domain seperti yang sudah dijelaskan diatas).  Alasannya cukup jelas:  penggunaan Add On Domain seperti ini akan menggunakan sumberdaya paket hosting yang sama - jadi kalau misalnya website www.superman.com katakanlah menggunakan 90% kekuatan CPU dan RAM paket hosting tersebut,www.justiceleague.com hanya akan kebagian 10% sisanya saja - dan itu artinya www.justiceleague.com akan memiliki daya respon terhadap para pengunjung yang rendah (website nya akan loading lebih lambat).  Selain itu, ketika website www.justiceleague.com misalnya akan kita migrasikan ke paket hosting/server lainnya di kemudian hari, ini akan sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya website www.justiceleague.com sudah "menempel" pada Main Domain paket hosting bersangkutan.  Kami amat merekomendasikan agar tiap-tiap website yang ingin Anda hostingkan bersama kami bersifat 1 on 1 (1 website menggunakan 1 buah paket hosting).

SUBDOMAIN Subdomain sebenarnya bukanlah sebuah domain.  Subdomain hanyalah pembagian ruang di dalam suatu domain tertentu.


Sebagai contoh, kita mau membuat sebuah subdomain dari Main Domain kita.  Katakanlah Main Domain yang kita miliki adalah www.superman.com, dan lalu kita mau membuat sebuah subdomain bernama "mobile" terhadap main domain tersebut.


Maka hasilnya adalah mobile.superman.com, dimana "mobile" disana adalah subdomain dari www.superman.com


Semua paket hosting di Makassar Hosting memberikan unlimited subdomain (jumlah subdomain yang bisa dibuat/ditambahkan adalah tidak terbatas). 

Author

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar dan ide anda untuk perbaikan kualitas kami dimasa mendatang.