Pages

Menentukan Biaya Pembuatan Website


Jasa Desain Website Makassar - Berapa biaya pembuatan website ? Pertanyaan ini seringkali menjadi pertanyaan yang sulit dijawab bagi para pengembang website pemula ketika ditanya oleh calon klien yang ingin membuat website dan jawaban normatifnya adalah tergantung contentnya atau tergantung fiturnya atau bicara di kisaran angka mengacu kepada pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Sebelum bicara mengenai biaya, kita samakan terlebih dahulu persepsi kita tentang web. Website ibarat bangunan, misalnya bangunan rumah atau kantor. Cara pandang ini akan memudahkan kita dalam memahami komponen-komponen biaya dalam pembangunan website.

Pertanyaan “berapa biaya pembuatan website” akan identik dengan pertanyaan “berapa biaya pembuatan rumah tinggal”. Untuk memiliki tempat tinggal, tentu saja banyak pilihan tergantung kemampuan finansial yang dimiliki. Tempat tinggal bisa saja gratis, misalnya dengan menumpang di rumah saudara. Bisa jadi nge-kos atau menyewa satu kamar atau ngontrak rumah. Lebih dari itu, bisa juga membeli rumah sendiri di sebuah komplek perumahan yang desain dan bentuk rumahnya sudah ditentukan oleh penjualnya. Dan yang lebih mahal lagi, kita membuat rumah di tanah sendiri dan dengan desain yang unik sesuai keinginan kita, karena kita perlu membayar jasa arsitek untuk membuat desain rumah sebelum dibangun, lalu membayar developer, desainer interior, pembuat pagar khusus dan jasa lainnya.

Analogi Website
Begitu pula di web, untuk memiliki website bisa saja gratis dengan menumpang ke penyedia layanan blog gratis seperti wordpress.com dan blogger. Bisa juga dikisaran angka 1 juta, 5 juta, 10 juta hingga ratusan dan milyaran rupiah, tergantung spesifikasi website yang ingin dibangun. Secara sederhana kita bisa bayangkan, membangun website besar seperti detik.com atau kompas.com tentu memerlukan biaya yang sangat besar.

Komponen Biaya Web

Secara sederhana, ada beberapa komponen biaya dalam pembuatan web yaitu:

Biaya Registrasi Nama Domain
Biaya ini harus dibayarkan setiap tahun, dan besarnya biaya tergantung dari seberapa banyak domain yang ingin didaftarkan dan ekstensi domain yang didaftarkan. Untuk gambaran, Anda bisa melihat ke alamat berikut untuk melihat daftar harga nama domain: www.makassarhosting.co.id

Biaya Web Hosting
Biaya ini harus dibayarkan setiap tahun, dan besarnya biaya tergantung dari seberapa besar kapasitas dan fitur server yang dibutuhkan. Misalkan Anda memerlukan kapasitas sebesar 500 MB untuk website dan 500 MB untuk email, maka Anda perlu memiliki web hosting dengan kapasitas 1 GB.

Biaya Jasa Pembuatan Website
Biaya ini tergantung spesifikasi website yang dibutuhkan dan lama waktu pembuatan. Bisa juga biaya disesuaikan dengan kemampuan dana yang ada sehingga spesifikasi web dirancang sesuai dengan dana yang tersedia. Kalau uang yang kita punya hanya cukup untuk nge-kos satu kamar ukuran 2×3, tentu kita tidak bisa berharap punya rumah kontrakan besar.Apabila pembuatan website mengacu kepada spesifikasi yang sudah ditentukan termasuk durasi waktu pelaksanaannya, pihak pengembang akan mampu membuat estimasi biaya yang didalamnya mencantumkan jumlah personil yang diperlukan. Apabila pembuatan website mengacu kepada kemampuan dana, maka pihak pengembang akan bisa memberikan rekomendasi spesifikasi website yang memungkinkan bisa dibangun dengan dana yang ada.

Biaya Pembuatan Content Website
Komponen ini seringkali dilupakan banyak orang dan menimbulkan permasalahan antara pemilik dan pembuat web. Ibarat rumah, developer akan membangun rumah sampai selesai, namun untuk isi rumahnya tentu saja tergantung si pemilik rumah. Rumah dan isi rumah adalah 2 hal yang berbeda. Begitu juga website, isi website merupakan otoritas sang pemilik website dan bukan otoritas si pembuat website.
Sebagai contoh, Anda ingin membangun website untuk usaha kerajinan tangan yang anda miliki yang isinya nanti menampilkan foto-foto produk beserta penjelasannya, informasi profil usaha Anda, klien-klien Anda selama ini dan artikel-artikel yang terkait dengan tema kerajinan. Apabila Anda ternyata tidak mampu membuat content website sendiri, maka yang harus Anda lakukan adalah menyewa perusahaan atau seorang Copy Writer yang mampu menuliskan Company Profile usaha yang Anda miliki dengan bahasa dan gaya penulisan yang disesuaikan dengan target pasar usaha Anda. Untuk foto, bisa jadi Anda perlu menyewa fotografer untuk memotret produk-produk Anda, dan bila Anda juga ingin menampilkan video, Anda perlu menyewa Video Maker untuk membuat video tentang usaha Anda.Itulah yang dimaksud dengan biaya pembuatan content, yang bisa jadi keluarannya berupa tulisan, katalog, foto, video maupun lainnya.

Biaya Pengoperasian Website
Ibarat Anda membangun toko, ketika toko selesai dibangun, maka untuk mengoperasikannya Anda memerlukan pelayan toko, penjaga toko, tukang parkir, ataupun si pembuat produk. Begitu juga di website, bayangkan apabila Anda ingin mengoperasikan sebuah website berita, Anda memerlukan sekian orang wartawan/penulis berita, marketing yang melayani pemasangan iklan, web content administrator yang akan mempublikasikan content di website dan lain sebagainya. Namun bagi website statik yang menampilkan informasi statik dan tidak akan berubah dalam waktu lama, biaya ini tidak diperlukan.

Biaya Pemeliharaan Website
Sama halnya dengan biaya pembuatan content, komponen ini pun seringkali dilupakan banyak orang. Pemeliharaan website ini sangat penting dibutuhkan terutama bagi website yang menggunakan teknologi opensource CMS seperti WordPress dan Joomla yang banyak digunakan saat ini. Aktifitas pemeliharaan website yang utama meliputi backup data, update core engine, update plugin atau module yang digunakan. Selain itu juga dalam perjalanannya website akan membutuhkan modifikasi-modifikasi baik dari sisi desain tampilan ataupun fitur-fitur tambahan sehingga perlu memanggil pihak pengembang untuk memodifikasi website Anda yang tentu saja memerlukan biaya.Bagi website statik yang dibangun hanya dengan HTML dan CSS tanpa adanya aplikasi CMS (Content Management System) tidak memerlukan adanya pemeliharaan teknis.

Simulasi Pembuatan Spesifikasi & Estimasi Biaya Pembuatan Web
Di bawah ini adalah simulasi sederhana penentuan biaya pembuatan website mengacu kepada spesifikasi web yang dibutuhkan.

Spesifikasi Web:

    Nama Domain: www.namadomainmu.com
    Kebutuhan Web Hosting: 1 GB
    Akun Email: 5 akun, dengan kuota masing-masing 100 MB
    Waktu pengerjaan: 2 bulan harus selesai
    Platform CMS: WordPress
    Isi Website
    – Profil Organisasi (statik)
    – Program Kerja (statik)
    – Berita (dinamis/update)
    – Artikel (dinamis/update)
    – Galeri Foto Produk (100 foto, dibagi per album)
    – Kontak (Form yang ditujukan ke email)
    Jumlah pertemuan: 4 kali

Estimasi Biaya Pembuatan Website: ( ini hanya ilustrasi saja ! )

  • Biaya domain: Rp. 250.000/tahun
  • Biaya web hosting 1 GB : Rp. 6.000.000/tahun ( @Rp.500rb/bln )
  • Biaya pembuatan website: Rp 2.500.000 ( sekali bayar saja )
  • Biaya Pemeliharaan teknis website: Rp 100.000,-/bulan
  • Catatam : untuk tahun selanjutnya tiap tahun, anda hanya diwajibkan membayar "perpanjangan" Domain + Hosting + Mainternance Website saja
Untuk info harga selengkapnya, silahkan menghubungi kami di Makassar Hosting 0812 4298 9993
Berapa biaya pembuatan website ? Pertanyaan ini seringkali menjadi pertanyaan yang sulit dijawab bagi para pengembang website pemula ketika ditanya oleh calon klien yang ingin membuat website dan jawaban normatifnya adalah tergantung contentnya atau tergantung fiturnya atau bicara di kisaran angka mengacu kepada pengalaman-pengalaman sebelumnya.
Sebelum bicara mengenai biaya, kita samakan terlebih dahulu persepsi kita tentang web. Website ibarat bangunan, misalnya bangunan rumah atau kantor. Cara pandang ini akan memudahkan kita dalam memahami komponen-komponen biaya dalam pembangunan website.
Pertanyaan “berapa biaya pembuatan website” akan identik dengan pertanyaan “berapa biaya pembuatan rumah tinggal”. Untuk memiliki tempat tinggal, tentu saja banyak pilihan tergantung kemampuan finansial yang dimiliki. Tempat tinggal bisa saja gratis, misalnya dengan menumpang di rumah saudara. Bisa jadi nge-kos atau menyewa satu kamar atau ngontrak rumah. Lebih dari itu, bisa juga membeli rumah sendiri di sebuah komplek perumahan yang desain dan bentuk rumahnya sudah ditentukan oleh penjualnya. Dan yang lebih mahal lagi, kita membuat rumah di tanah sendiri dan dengan desain yang unik sesuai keinginan kita, karena kita perlu membayar jasa arsitek untuk membuat desain rumah sebelum dibangun, lalu membayar developer, desainer interior, pembuat pagar khusus dan jasa lainnya.
- See more at: http://majalah.temanweb.com/2014/12/09/menentukan-biaya-pembuatan-website/#sthash.MJPI5XzO.dpuf

Author

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar dan ide anda untuk perbaikan kualitas kami dimasa mendatang.