Pages

Tips Menghosting Subdomain Tanpa Akses cPanel Domain Utama

Ada kasus dimana user menyewa hosting dengan alamat : dinas.namadomain.go.id. 
Cara menghostingnya yaitu dengan menggunakan A record. 

Suatu ketika, user tersebut memindahkan hosting subdomain ke server lain, sehingga jelas akan terjadi perubahan IP Address. 
Nah, di sinilah kerepotan terjadi karena user tersebut tidak punya akses ke cpanel hosting domain utama (namadomain.go.id) untuk update IP address A record ke server baru. Sehingga harus menghubungi yang pegang cpanel hosting domain utama, dan baru direspon setelah berhari-hari setelah beberapa kali coba dihubungi.
Jika Anda juga dalam situasi seperti ini, ada baiknya jika Anda menggunakan CNAME Record dari sejak awal, bukan menggunakan A record. Seperti ini skemanya :

1. Misal domain Anda : domainlainku.us. Dan Anda ingin menghosting subdomain dinas.namadomain.go.id.
2. Create hosting untuk subdomain tersebut.
3. Buatlah A record dengan nama misalnya host.domainlainku.us. Isikan IP Addressnya dengan IP server hosting untuk menghosting subdomain tersebut (Poin 2). Misalnya : 189.928.22.22
4. Hubungi pemegang cpanel domain utama untuk melakukan setting CNAME record dengan nama : dinas.namadomain.go.id dan dipointing ke host.domainlainku.us.
5.  Tunggu beberapa saat sampai bisa diakses / diping.
Dengan skema di atas, maka jika terjadi perubahan IP server, maka Anda hanya perlu mengedit A record host.domainlainku.us ke IP yang baru.

Semoga Bermanfaat

Admin

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami sangat menghargai komentar dan ide anda untuk perbaikan kualitas kami dimasa mendatang.